Kopling merupakan komponen paling penting terutama pada kendaraan yang bertransimisi manual. Keberadaannya sangat mempengaruhi power output yang dihasilkan ketika mobil dikendarai. Nah jika bermasalah, dapat dipastikan kendaraan anda akan berjalan lambat atau malah jadi mogok.
Di lansir dari laman Sahabat Daihatsu bahwa Kopling yang mengalami slip bisa mengakibatkan mobil anda berjalan pelan atau jadi mogok,kareana kampas kopling sebagai piranti utama, sudah tidak bisa mentransfer secarra maksimal putaran mesin ke roda melalui gearbox. Jika tidak segera di tangani maka akibatnya mesin jadi cepat panas, boros bahan bakar hingga berakibat mobil mogok.
Jika anda tidak ingin alami hal tersebut, anda harus bisa melakukan perwatan sistem kopling mobil sendiri. Caranya yaitu dengan mendeteksi seperti apa cara penggunaan kopling yang salah dan faktor-faktor penyebab yang membuat kopling cepat rusak. Agar dapat meminimalisir kerusakan pada clutch system.
Ada beberapa hal yang menyebabkan kerusakan pada kopling mobil
Penggunaan teknik setengah kopeling.
Teknik setengah kopeling adalah membiarkan pegas diafragma bekerja setengah kekuatan. Artinya, tenaga penekanan pressure plate tidak maksimal, sehingga hal ini akan menyebabkan kampas kopeling cepat aus atau habis.
Teknik setengah kopeling adalah membiarkan pegas diafragma bekerja setengah kekuatan. Artinya, tenaga penekanan pressure plate tidak maksimal, sehingga hal ini akan menyebabkan kampas kopeling cepat aus atau habis.
Adanya pelumas atau oli pada permukaan Clutch Disc.
Karena kopling pada mobil tergolong sistem kopling kering, sehingga tidak butuh pelumas.Dengan adanya pelumas pada permukaan clutch disc, akan membuat selip sehingga tenaga mobil yang keluar akan berkurang serta akan tercium bau terbakar.
Karena kopling pada mobil tergolong sistem kopling kering, sehingga tidak butuh pelumas.Dengan adanya pelumas pada permukaan clutch disc, akan membuat selip sehingga tenaga mobil yang keluar akan berkurang serta akan tercium bau terbakar.
Jangan biasakan menerjang genangan banjir.
Sebab air yang menempel pada permukaan kopling sering menimbulkan getaran sehingga membuat rasa tidak nyaman. Terlebih lagi jika air sudah masuk ke rumah kopling. Selain harus mengeringkanya, pada beberapa mobil dapat menjadi sautu yang berbahaya karena bisa merusak piranti utama sistem kopling.
Sebab air yang menempel pada permukaan kopling sering menimbulkan getaran sehingga membuat rasa tidak nyaman. Terlebih lagi jika air sudah masuk ke rumah kopling. Selain harus mengeringkanya, pada beberapa mobil dapat menjadi sautu yang berbahaya karena bisa merusak piranti utama sistem kopling.
Selalu mengecek volume dan kondisi fluida hidrolik
Ini berlaku terutama bagi mobil yang sudah menggunakan rangkaian hidrolik.Lakukan penyetelan celah kopling yang pas ,sebab kopeling yang terus-menerus digunakan pasti akan berubah setelanya. Untuk itu penyetelan dilakukan secara berkala agar pengguna merasa enak dan transfer energi juga bisa lebih maksimal
Ini berlaku terutama bagi mobil yang sudah menggunakan rangkaian hidrolik.Lakukan penyetelan celah kopling yang pas ,sebab kopeling yang terus-menerus digunakan pasti akan berubah setelanya. Untuk itu penyetelan dilakukan secara berkala agar pengguna merasa enak dan transfer energi juga bisa lebih maksimal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar