Central lock adalah sebuah sistem lock(kunci) dan unlock (buka) secara otomatis dengan satu perintah
,dan merupakan yang wajib pada mobil keluaran jaman sekarang.
Bagian-bagian dari Central lock
1.Modul Central Lock (Central Lock Module), yang berfungsi sebagai relay atau meneruskan perintah dari motor lock utama (master central lock) untuk mengunci dan membuka.
Central Lock Module ini terdiri dari sebuah papan sirkuit terdiri dari jalur-jalur dan peralatan listrik elektronik untuk mengatur kerja dari Motor Central Lock.
2.Motor Central Lock, yang sering disebut dengan Lock Actuator atau Pistol Central Lock, yang terdiri dari 2 (dua) macam, yaitu Master Central Lock yang terdiri dari 5 (lima) kabel dan Slave Central Lock yang terdiri dari 2 (dua) kabel.
Master Central Lock ini berfungsi untuk mengatur motor lock lainnya (Slave Central Lock) yang terdiri dari 2 kabel, ketika master ini bergerak mengunci, maka motor lock lainnya pun ikut mengunci, begitu juga jika master terbuka, maka seluruh slave central lock (2 kabel) akan terbuka.
3.Kawat Penghubung, merupakan penghubung dari motor lock ke penggerak pengunci mobil (Door lock) Sehingga jika pengunci mobil digerakkan baik dengan anak kunci atau tombol pengunci, maka motor lock pun akan ikut bergerak.
5.Kabel Set, kabel ini berfungsi untuk menghubungkan Motor Central Lock dengan Central Lock Module di 4 pintu mobil
Masalah- masalah yang sering terjadi pada sistem Central Lock mobil
*Central lock macet di semua pintu mobil
Untuk kasus yang satu ini ada banyak penyebabnya.
Pertama kita cek dulu Fuse/sekering putus atau tidak,jika sekering putus segera ganti dengan yang baru.
Untuk penggantian Fuse/Sekering tidak boleh sembarang harus di sesuaikan Ampere nya.
Jalankan Central Lock jika berfungsi dengan normal berarti masalah cuma di Fuse/Sekering yang putus tadi
*Sekering tidak putus tapi Central Lock tetap tidak berfungsi
Kasus ini bisa terjadi pada modul dan master motoran(Actuator utama).cek modul central lock,pastikan kabel arus sampai ke modul apa tidak.
Kedua cek kabel massa,apakah sudah terpasang dengan benar atau kabel putus di tengah.
Jika arus dan massa sudah di cek normal tapi Central Lock tetap tidak mau jalan maka langkah yang harus di ambil kita cek motoran Master Central Lock.
BACA:Tutorial pasang Central Lock mudah dan cepat
ALARM mobil normal tapi pintu tidak bisa terkunci semua?inilah penyebabnya
BACA:Tutorial pasang Central Lock mudah dan cepat
ALARM mobil normal tapi pintu tidak bisa terkunci semua?inilah penyebabnya
Pastikan motoran berfungsi dengan baik,jika motoran rusak segeralah ganti dengan yang baru.Biasanya untuk motoran ini terdapat 5 kabel dengan berbeda warna yaitu hitam,putih,coklat,biru dan hijau.
Catatan:Motoran yang saya bahas di atas adalah motoran untuk central lock variasi.
Sedangkan untuk yang bawaan dari mobil bentuk atau warna kabelnya berbeda.
Untuk central lock bawaan mobil biasa untuk pintu kanan cuma swicth/saklar dan kabelnya biasanya cuma 3 atau 2.
Sedangkan untuk yang bawaan dari mobil bentuk atau warna kabelnya berbeda.
Untuk central lock bawaan mobil biasa untuk pintu kanan cuma swicth/saklar dan kabelnya biasanya cuma 3 atau 2.
*Central Lock macet di salah satu pintu
Untuk kasus yang ini biasanya penyakitnya di motor central lock atau instalasi kabel ada yang putus .
Jika motoran yang mati segerah ganti sedangkan kalau kabelnya putus segera sambung kembali atau ganti kabel set yang baru jika sudah tidak layak pakai lagi.
Untuk mobil-mobil jaman sekarang biasanya Central Lock biasanya sudah dilengkapi dengan sistem Remote/Alarm.Hal ini untuk memudahkan pengguna dalam menguci mobil dengan hanya memencet tombol lock dan unlock pada remote.
Untuk Alarm/Remote akan kita bahas di postingan saya berikutnya.
Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat anda dan jangan lupa tinggalkan komentar pada kolom di bawah ini.
Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat anda dan jangan lupa tinggalkan komentar pada kolom di bawah ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar